Kegiatan Pramuka

logo pramuka
Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya. Kegiatan Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia. 


pramuka putripramuka putra


Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap anggotanya agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani. Selain itu Gerakan Pramuka juga berusaha membentuk anggotanya untuk menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.

role playing
Kegiatan PRAMUKA di MIN Kedamean merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi setiap siswa yang dilaksanakan setiap hari Selasa pukul 15.00 WIB sampai selesai.

Kegiatan yang dikoordinir oleh bapak Sumarto, S.Pd dan ibu Nurul Ainiyah, M.Pd.I ini diikuti oleh siswa kelas 2 sampai kelas 6 MIN Kedamean. 

No comments:

Post a Comment